Monday, December 19, 2011

Makalah Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Makalah Manusia Sebagai Makhluk Sosial - Kata 'Makhluk Sosial' mungkinsudahlah tidak asing di telinga kita. Pada saat proses kelahiran kita pun, taklepas dari kalimat ini. Ialah dimana saat kita dilahirkan oleh ibu kita, danpada saat itulah kita membutuhkan sosok seorang ibu untuk memperkenalkan duniabaru tersebut kepada kita.

Setelah lahirnya sang anak ke dunia,orang tua lah (ibu) yang senantiasa berperan dalam proses pengenalan duniabarunya. Oleh karena itu, manusia saling membutuhkansesamanya.Secara garis besar diatas adalah merupakan suatucontoh perwujudan kita sebagai makhluk sosial.

Dan pengertian makhluk sosial adalah sebagaiberikut, dalam kehidupan di dunia, setiap makhluk hidup memerlukan interaksidan komunikasi satu sama lain, khususnya bagi umat manusia. Interaksi dan komunikasiini sangat diperlukan karena manusia ditakdirkan menjadi makhluk sosial yangtak pernah lepas dari bantuan orang lain. Oleh karena manusia hidup sebagaimahkluk sosial itulah, disadari maupun tidak, manusia cenderung hidupberkelompok dengan tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan dankehidupan mereka masing-masing.

Dalam tujuannya meningkatkan taraf kesejahteraandan kehidupan manusia, mereka cenderung hidup berkelompok yakni misalnya untukmewujudkan kebutuhan sosialnya, terciptanya keamanan, ketertiban, keadilan,kenyamanan, kerjasama dan lain sebagainya. Dalam kehidupan berkelompok pula,manusia relatif tidak berorganisasi namun semua itu terjadi secara spontanuntuk hidup berkelompok.

Tidak mungkinlah manusia mampu hidup sendiritanpa bantuan orang lain. Dalam contoh lain, saat kita telah tiada di dunia(meninggal), kitapun tentu saja membutuhkan bantuan orang lain untukmenguburkan jenazah kita.

Dari berbagai contoh diatas yang telahdipaparkan, sehingga kita disebutlah manusia sebagai makhluksosial.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial memiliki naluriuntuk saling tolong menolong, setia kawan, rasa toleransi, simpati dan jugaempati terhadap sesamanya. Keadaan inilah yang dapat menjadikan suatumasyarakat yang baik, harmonis dan rukun, hingga saat berinteraksi itulahmengharuskan terciptanya norma dan etika yang harus dijaga selama prosesberinteraksi dengan sesamanya. Bila dalam proses tersebut kita melanggar norma-norma dan etika kesopansantunan, maka akan timbulah penyimpangan-penyimpangan sosial.


Manusia sebagaimakhluk sosial memiliki 2 harkat, yakni:

1.Keinginanuntuk bersatu dengan manusia lainnya (masyarakat) Dalam keinginan untuk bersatudengan manusia lainnya (bermasyarakat), manusia cenderung untuk memenuhi tujuanhidupnya dalam menyejahterakan kehidupannya, misalnya saja dalam hal untukmewujudkan suatu keamanan dalam suatu tempat tinggal dan dalam berbagai hallainnya yang tak luput dengan membutuhkan bantuan orang lain.

2.Keinginanuntuk menjadi satu dengan alam sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomidalam hal pangan dan lain sebagainya, manusia sebagai makhluk sosial cenderungpula berkeinginan untuk menjadi satu dengan alam sekitarnya. Manusia mencobauntuk memahami bagaimana suatu sumber daya alam dapat menghasilkan suatu produkuntuk memenuhi kelangsungan hidup manusia tersebut, sehingga dalam prosesinilah diperlukannya suatu bentuk interaksi dengan alam sekitar.

Adapun faktoryang akan mempengaruhi manusia dalam berperilaku dan berinteraksi dengansesamanya, yakni faktor intern (dalam) dan faktor ekstern (luar).
Faktor intern :
  1. Sikap dangaya hidup
  2. Selera
  3. Pendapatan
  4. Intensitas kebutuhan

Faktor Ekstern :
  1. Lingkungan
  2. Adat istiadat
  3. Kebijakan Pemerintah
  4. Mode/ Trend
  5. Kemajuan teknologi dan kebudayaan
  6. Keadaan alam

Dari berbagai faktor diatasitulah, maka kita tak akan lepas dari interaksi sesama yang menyebabkan manusiadisebut makhluk sosial.Untuk lebih jelas lagi,silahkan dapatkan Makalah Manusia Sebagai Makhluk Sosial dengan klik tulisan berikut ini Makalah Manusia Sebagai Makhluk Sosial.

No comments:

Post a Comment